Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Photobucket

Labels

8 Juni 2012

ALINEA / PARAGRAF


Alinea disebut juga dengan paragraf, Sebuah paragraf terdiri dari beberapa kalimat, tetapi ada kemungkinan paragraf hanya terdiri dari satu kalimat saja. Alinea adalah Satu kesatuan pikiran, satu kesatuan yang lebih tinggi dari sebuah kalimat dan merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik.

Berdasarkan fungsinya alinea digolongkan menjadi 2,
yaitu :

1. Kalimat topik (kalimat yang dapat berdiri sendiri, mempunyai arti yang sudah jelas)
2. Kalimat penjelas (arti kalimat baru jelas setelah dihubungkan dengan kalimat lain)

Syarat-syarat untuk membuat alinea/paragraf yang baik :


1. Kesatuan

Yang dimaksud kesatuan adalah tiap pargaraf hanya mengandung satu pokok pikiran yang diwujudkan dalam kalimat utama. Kalimat utama yang diletakkan di awal paragraf biasa kita sebut dengan paragraf deduktif, sedangkan kalimat utama yang diletakkan di akhir paragraf biasa kita sebut dengan paragraf induktif. Adapun ciri-ciri dalam membuat kalimat utama, yakni kalimat yang dibuat harus mengandung permasalahan yang berpotensi untuk diperinci atau diuraikan lebih lanjut. Ciri-ciri lainnya yaitu kalimat utama dapat dibuat lengkap dan berdiri sendiri tanpa memerlukan kata penghubung, baik kata penghubung antarkalimat maupun kata penghubung intrakalimat.

2. Kepaduan

Untuk membuat alinea yang baik yaitu mempunyai kemampuan untuk merangkai kalimat sehingga berkaitan satu sama lain sehingga logis dan serasi. Kepaduan dapat dilakukan dengan cara repetisi, kata ganti / frasa pengganti, serta kata sambung dan frasa penghubung. Terdapat dua jenis kata penghubung, yaitu kata penghubung intrakalimat dan kata penghubung antarkalimat. Intrakalimat yaitu kata yang menghubungkan anak kalimat dengan induk kalimat, contohnya: karena, sehingga, tetapi, dsb. Sedangkan antarkalimat yaitu kata yang menghubungkan kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya, contohnya: oleh karena itu, jadi, kemudian dan sebagainya.
Jenis Alinea

1. Menurut posisi kalimat topiknya:

– alinea deduktif
paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas. 

– alinea induktif
paragraf yang dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat topik.

– alinea deduktif-induktif
paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat topik.Kalimat topik yang ada pada akhir paragraf merupakan penegasan dari awal paragraf.

– alinea penuh kalimat topik
paragraf yang tidak memiliki kalimat utama. Pikiran utamanya menyebar pada seluruh paragraf atau tersirat pada kalimat-kalimat penjelas.

2. Menurut sifat isinya

– alinea persuasif
paragraf yang mengajak, membujuk, atau mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu. Ciri-cirinya: ada bujukan atau ajakan untuk berbuat sesuatu.

– alinea argumentatif
paragraf yang mengemukakan suatu pendapat beserta alasannya. Ciri-cirinya: ada pendapat dan ada alasannya.

– alinea naratif
paragraf yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa. Ciri-cirinya: ada kejadian, ada palaku, dan ada waktu kejadian.

– alinea deskriptif
paragraf yang menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan itu. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.Ciri-cirinya: ada objek yang digambarkan.

– alinea ekspositoris
paragraf yang menginformasikan suatu teori, teknik, kiat, atau petunjuk sehingga orang yang membacanya akan bertambah wawasannya. Ciri-cirinya: ada informasi.

3. Menurut fungsinya dalam karangan

– alinea pembuka
Paragraf pembuka ini bertujuan mengantarkan mengantarkan pembaca kepada isi karangan, paragraf ini harus dapat menarik minat dan perhatian pembacanya.

– alinea pengembang
Paragraf pengembang adalah penjabaran dari paragraf pembuka. Paragraf ini berfungsi untuk mengembangkan inti permasalahan dan juga harus mampu mempersiapkan landasan untuk sebuah kesimpulan.

– alinea penutup
Paragraf penutup merupakan kesimpulan dari seluruh isi karangan. Oleh sebab itu, paragraf ini harus mencerminkan seluruh isi karangan tersebut.


Salam SEMPAK (SEMangat komPAK)



Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Paragraf
http://panduhadinegara.blogspot.com/2011/10/makalah-pengembangan-alinea.html
http://meugah.com/pendidikan/jenis-jenis-paragraf.html

0 Komentar:

Posting Komentar